September 29, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

6 Alasan Mengapa Manchester City Tidak Memerlukan Lionel Messi

Lionel Messi

Lionel Messi

Area51india – Tidak bisa dimungkiri kalau Lionel Messi adalah salah satu alasan terbesar mengapa Barcelona bisa menjadi kuat pada era sekarang. Karena itulah istilah ‘Messidependencia’ sampai tercetus.

Lionel Messi berhasil membantu klub berjuluk Blaugrana meraih lebih dari 30 trofi sejak dirinya melakoni debut pada tahun 2003 lalu. Selain itu, di Barcelona juga, ia mendapatkan enam trofi penghargaan pemain terbaik, Ballon d’Or.

Pria asal Argentina itu juga punya kesempatan besar untuk menyejajarkan dirinya dengan sosok legenda seperti Paolo Maldini, Francesco Totti, dan Raul Gonzales sebagai ‘one-man club’. Tapi, alur ceritanya berubah baru-baru ini.

Ya, Messi dilaporkan ingin meninggalkan Barcelona. Salah satu alasannya adalah menurunnya prestasi klub beberapa tahun terakhir. Puncaknya adalah kekalahan memalukan atas Bayern Munchen di pentas Liga Champions bulan Agustus ini.

Kabar itu membuat dunia persepakbolaan gempar, sama seperti waktu Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus tahun 2018 lalu. Publik pun mulai menduga-duga ke mana Messi bakalan berlabuh tahun ini.

Manchester City disebut-sebut sebagai destinasi yang paling masuk akal buat Messi. Selain karena kondisi finansial raksasa Inggris itu terbilang jauh di atas kata baik, mereka juga diasuh oleh mantan pelatih Barcelona dulu, Josep Guardiola.

City pun membutuhkan Messi untuk kembali merengkuh gelar Premier League sekaligus mendapatkan trofi Liga Champions pertamanya. Namun, ada alasan mengapa the Citizens tidak begitu membutuhkan pria berusia 33 tahun tersebut.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Manchester City tidak perlu repot-repot merekrut Messi. Informasi selengkapnya yang disadur dari Manchester Evening News berikut bisa Bolaneters simak di bawah ini.

Usia

Sekarang Messi sudah menginjakkan kaki di usia 33 tahun. Jelas saja kalau dirinya tidak bisa dianggap sebagai solusi jangka panjang. Kontrak berdurasi lebih dari dua tahun bisa menjadi resiko yang sangat besar buat Manchester City, mengingat gaji Messi tidak sedikit.

Selain itu, City juga memiliki kebijakan khusus. Mereka takkan memberikan kontrak lebih dari satu tahun untuk pemain yang sudah berusia di atas 30 tahun.

Terlepas dari itu, usia 30 tahun ke atas kerap dianggap sebagai momen di mana seorang pemain akan mengalami penurunan. Sehingga wajar kalau beberapa klub mulai mengurangi ketergantungan terhadap seorang pemain yang sudah berada di usia segitu.

Kecocokan dengan Skuat

4 Sosok yang Bikin Lionel Messi Pindah ke Manchester City

Guardiola membentuk Manchester City menjadi tim yang tidak mengandalkan satu sosok saja. Mereka mengusung permainan menyerang secara kolektif.

Sergio Aguero mungkin diketahui sebagai pemain andalan Manchester City. Namun mengatakan kalau City bergantung kepada dirinya seorang adalah salah besar.

Jika Messi datang, konsep ini jelas bisa berantakan. Walaupun Lionel Messi adalah seorang ‘team-player’, namun tak bisa dimungkiri kalau semua laju bola akan mengarah kepada dirinya seorang.

Etos Kerja

Guardiola mengharapkan semua pemainnya bekerja keras dalam setiap fase bermain, entah itu menyerang atau sedang bertahan. Sesuatu yang mungkin tidak bisa dipenuhi oleh seorang Messi.

Okelah Messi punya peranan besar dalam penyerangan. Namun pada saat bertahan? Mengingat hampir semua tim saat ini bermain secara kolektif, satu pemain yang berleha-leha bisa membuat tim menjadi sengsara.

Di media sosial, beredar sebuah video yang memperlihatkan bagaimana Messi begitu enggan mengejar atau memberikan tekanan kepada lawan kala Barcelona bertemu Bayern Munchen. Dan publik tahu berapa skor akhir dari pertandingan tersebut.

Gaji

Berdasarkan artikel dari Goal International, diketahui bahwa Messi menerima upah sebesar 500 ribu pounds per pekan di Barcelona. Sedikit di bawah bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Barcelona bisa membayar gaji sebesar itu setelah sosok penting lainnya, Neymar, hengkang ke PSG pada tahun 2018. Sementara Juventus mampu memenuhi permintaan gaji Ronaldo karena batasan gaji tertinggi yang dipatok kepada pemain lainnya.

Manchester City sudah terlanjur memberikan gaji besar kepada sejumlah pemain penting seperti Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan Sergio Aguero. Kehadiran Messi berpotensi membuat neraca keuangan City jadi timpang sebelah.

Phil Foden

Phil Foden Makes Pep Guardiola Admission After Increase in Man City Playing  Time | 90min

Publik sepakat kalau Phil Foden merupakan pemain dengan talenta terbaik yang dimiliki Manchester City saat ini. Namun ia sempat mengalami masa-masa sulit karena kalah saing dengan sosok senior seperti Kevin De Bruyne dan David Silva.

Pada musim panas ini, David Silva meninggalkan Manchester City. Itu artinya, Phil Foden bisa mendapatkan tempat di skuat inti. Kedatangan Messi hanya akan membuat harapan Foden tampil lebih sering pupus seketika.

Manchester City pernah kehilangan talenta terbaiknya yang sekarang memperkuat Borussia Dortmund, Jadon Sancho. Tentu mereka takkan mau kehilangan pemain berprospek jangka panjang untuk kedua kalinya.

Hak Keistimewaan

Peran Messi di Barcelona begitu besar. Sampai-sampai klub tersebut dibangun untuk menyokong permainannya. Ronald Koeman datang dan dikabarkan memberitahu Messi kalau dirinya akan menghilangkan hak keistimewaan itu dari skuat.

Guardiola memang pernah menukangi Messi, tetapi itu sudah lama dan Messi belum mendapatkan hak keistimewaan seperti sekarang. Kala itu, Guardiola masih bisa mengandalkan sosok seperti Xavi dan Andres Iniesta.

Seperti yang telah dijelaskan, Guardiola membangun Manchester City sebagai tim kolektif. Jadi sekarang hanya ada dua pilihan. Antara Messi yang beradaptasi dengan City atau City yang beradaptasi dengannya.

%d bloggers like this: