September 30, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

7 Rekomendasi Makanan Setelah Olahraga

Olahraga

Ilustrasi. Tubuh memerlukan asupan makanan setelah berolahraga untuk memulihkan energi.

Area51india РMakanan setelah olahraga penting untuk dikenali. Tubuh memerlukan asupan makanan segera tepat setelah beraktivitas fisik.

Saat berolahraga, otot menggunakan simpanan glikogennya untuk dijadikan bahan bakar. Glikogen terkuras, sementara beberapa protein di otot rusak. Setelah olahraga, tubuh mencoba membangun kembali simpanan glikogen dan memperbaiki protein otot.

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi tepat setelah berolahraga dapat membantu tubuh untuk memulihkan otot. Berikut pilihan makanan setelah olahraga, mengutip berbagai sumber.

Lebih Baik Makan Setelah atau Sebelum Olahraga? Ini Penjelasannya

1. Susu cokelat

Jaga asupan cairan setelah berolahraga. Anda bisa mengonsumsi susu cokelat. Studi menemukan, susu cokelat dapat memulihkan tenaga dengan cepat.

Peneliti menganalisis 12 studi dengan total sekitar 150 partisipan. Partisipan diminta minum susu cokelat setelah melengkapi tes termasuk lari dan bersepeda. Setelah tes, peneliti melihat detak jantung dan kadar asam laktat partisipan. Hasilnya, susu cokelat memungkinkan atlet berolahraga enam menit lebih lama tanpa kelelahan dibanding mengonsumsi minuman energi.

“Susu cokelat mengandung karbohidrat, protein, lemak, flavonoid, elektrolit dan beberapa vitamin yang membuat minuman ini jadi pilihan bagus untuk memulihkan stamina atlet,” kata penulis studi Amin Salehi Abargouei dari Shahid Sadoughi University, Yazd, Iran

2. Yogurt dan potongan buah

236 mililiter yogurt mampu menawarkan setidaknya 20 gram protein. Olahraga sendiri diketahui membuat protein otot rusak. Dengan demikian, penting untuk memberikan tubuh asupan protein setelah berolahraga.

Untuk memberikan tambahan nutrisi, berikan potongan buah sebagai topping. Buah memberikan asupan serat, terlebih blueberry. Riset menunjukkan, konsumsi blueberry setelah olahraga bisa membantu memulihkan inflamasi otot.

3. Pisang

Salah satu makanan setelah olahraga yang disarankan adalah pisang. Erika Hammond, personal trainer di Rumble Boxing menuturkan, tubuh memerlukan karbohidrat setelah berolahraga. Pisang mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat tersebut.

Selain itu, pisang juga dapat dijadikan makanan sebelum berolahraga. Makan pisang 5-10 menit sebelum olahraga dapat mencegah kram otot.

4. Ubi

Setelah olahraga, ubi rebus juga bisa dijadikan menu pengganti nasi putih. Ubi mampu memberikan asupan karbohidrat dan protein yang diperlukan tubuh setelah olahraga. Mengutip dari Weight Loss Sources, dalam 100 gram ubi, terdapat 21,3 gram karbohidrat, 1,2 gram protein, 0,3 gram lemak, dan 2,4 gram serat. Karbohidrat dan protein membantu tubuh memaksimalkan proses sistesis protein dan glikogen.

5. Salmon

Tetap masukkan asupan lemak sehat seperti asam omega-3, yang salah satunya bisa didapat dari konsumsi salmon. Berbeda dengan lemak lainnya, lemak pada salmon justru diperlukan untuk meningkatkan fungsi organ tubuh.

6. Alpukat

Jika salmon tidak memungkinkan, Anda bisa memperoleh asupan lemak sehat dari alpukat. Dalam 100 gram alpukat, terdapat total 19,5 gram lemak sehat.

7. Telur orak-arik

Dalam sebutir telur, Anda sudah memberikan asupan protein sebanyak 6-7 gram. Anda bisa menikmati menu telur orak-arik setelah berolahraga. Anda pun bisa menikmati telur sebagai topping roti gandum, quinoa, ubi rebus, oatmeal, atau sumber karbohidrat lain.

Konsumsi rekomendasi makanan di atas segera setelah berolahraga untuk kembali memulihkan energi tubuh.

%d bloggers like this: