September 26, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Kisah Sukses Anthony Tan: CEO Grab Bertahan dari Corona, PHK 360 Karyawan dengan Pesangon ‘Istimewa’

Transportasi Indonesia

Pendiri Grab Anthony Tan.

Anthony Tan dikenal sebagai pendiri perusahaan transportasi digital, Grab, memiliki kisah inspiratif yang bisa diikuti pada generasi muda atau milenial.

area51india – Anthony Tan atau yang dikenal sebagai pendiri perusahaan transportasi digital, Grab, memiliki kisah inspiratif yang bisa diikuti pada generasi muda atau milenial. Meski menjadi salah satu keluarga terkaya di Mayalysia, Anthony Tan membangun sendiri bisnisnya dari nol.

Saat mengambil gelar MBA di HBS pada 2011, Tan memulai karier bisnisnya, setelah temannya sekelas dari Indonesia mengeluhkan tentang kondisi mengerikan bisnis taksi di Malaysia.

Bisnis ini pun ditekuni sendiri tanpa bantuan dari sang ayah yang juga pemiliki distributor mobil terbesar di Malaysia, Motor Holdings Bhd, Tan Chong.

Dukung Anak-anak Penderita Kanker, CEO Grab Cukur Kepalanya Hingga ...

Berlandaskan protes tersebut, Tan dan teman sekelas HBS lainnya Tan Hooi Ling mencoba mencari cara untuk memperbaiki kondisi transportasi di Malaysia. Dari situ lahirlah pesaing Uber, Grab Taxi.

Mereka berdua pun menulis rencana bisnis untuk aplikasi seluler yang menghubungkan pencari taksi, langsung dengan pengemudi taksi yang terdekat dengan lokasi mereka di lingkungan perkotaan Malaysia yang kacau.

Pengemudi akan dipasok dengan ponsel pintar sehingga mereka dapat berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan. Sehingga menghemat waktu dan uang yang berharga yang terbuang dalam mengemudi tanpa henti untuk mencari setoran.

Meski demikian, usahanya ini mendapat banyak masalah. Seperti berurusan dengan serikat pekerja, birokrasi pemerintah, dan bahkan serangan kriminal.

Meski demikian, dia mampu bertahan dan pada Desember 2014, Grab Taxi telah mengumpulkan pendanaan USD340 juta. Investasi senilai USD250 juta oleh perusahaan telekomunikasi Jepang, Softbank Corp pada Desember. Menjadikan Softbank sebagai investor utama sejauh ini di Grab Taxi.

Pandemi Covid-19

Tantangan pun kini dihadapi lagi oleh Tan. Di tengah pandemi virus corona yang merebak pada seluruh negara, membuat Grab melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 360 karyawannya.

“Saya memastikan bahwa tidak akan ada lagi PHK di organisasi secara menyeluruh pada tahun ini dan saya yakin. Dengan menjalankan rencana terbaru untuk memenuhi target yang telah ditetapkan. Kita tidak akan melalui proses yang menyakitkan ini lagi di beberapa waktu mendatang,” kata CEO dan Co-Founder Grab Anthony Tan.

Dia menjelasakan, jajaran dewan dan pimpinan kita tetap optimis pada prospek bisnis ke depannya. Grab akan berfokus pada adaptasi layanan utama kita seperti layanan ride-hailing, pengiriman, pembayaran dan layanan. Keuangan untuk mengatasi tantangan dan peluang di masa ‘new normal’.

“Pada saat yang sama, kita akan memperluas dukungan untuk usaha kecil dengan memperkaya berbagai layanan merchant kita. Kami percaya langkah-langkah ini akan memantapkan tujuan kita menuju keberlanjutan,” imbuhnya.

%d bloggers like this: